Rabu, 15 Agustus 2012

Teknik Membuat Desain Tato Dengan Photoshop


Desain Tato merupakan salah satu seni desain bertema khusus yang semakin banyak dicari oleh para graphic designer. Desain Tatto memiliki kelompok peminat sendiri yang khas dan setia mengikuti perkembangan tatto design.

Semakin unik tatto design yang dapat dihasilkan oleh seorang graphic designer, maka semakin banyak pula para penyuka tatto yang akan memburunya. Tak ayal, semakin unik sebuah tatto design semakin tinggi pula harga jualnya.

Desain Tato sebenarnya bukanlah aliran seni design yang baru. Tema ini telah ada dan digunakan sejak puluhan tahun yang lalu. Bangsa Eropa menemukan tatto pada saat menjelajah ke Benua Amerika di abad 18 Masehi. Tetapi tampaknya, seni tatto lebih tua lagi umurnya dengan ditemukannya manusia es yang memiliki gambar di tubuhnya. Seni tatto telah dikenal di berbagai kebudayaan negara, seperti Mesir, Cina, Rusia, Kalimantan, dan Jepang.

Teknik Membuat Tatto Design di Adobe Photoshop

Tatto design ini dapat dibuat dengan menggunakan beragam software, salah satunya software Adobe Photoshop. Sebelum memulai membuat tatto design, tentukan terlebih dahulu posisi penempatan tatto design pada tubuh manusia. Hal itu karena lengkungan pada tubuh, seperti lengkungan pada tangan atau lengan akan mempengaruhi ukuran tatto design yang akan dibuat.

Jika tattoo design ditempatkan pada area yang memiliki lengkungan, maka ukuran tattoo design harus lebih besar. Sedangkan bila tatto design hendak ditempatkan pada area yang relatif datar atau tidak memiliki lengkungan, seperti di bagian punggung atau dada, maka ukuran tatto yang akan dibuat bisa lebih kecil.

Tatto design ini hendaknya dibuat pada kanvas Adobe Photoshop dengan resolusi paling tidak 200 dpi agar mendapatkan hasil cetak yang bersih. Untuk itu, siapkanlah sebuah kanvas kosong dengan memilih menu File > New. Kemudian, isikan spesifikasi kanvas yang hendak dibuat. Paling tidak, buatlah kanvas berukuran 700x700px dengan resolusi 200 dpi. Kemudian, mulailah menggambar tatto design dengan menggunakan Brush Tool yang tersedia di Toolbox. Pilih brush bulat dengan tepian yang solid. Brush dengan karakter ini akan menghasilkan garis-garis yang lurus dan bertepian halus.

Tatto design lebih mudah dan praktis dibuat dengan bantuan drawing tablet. Pen yang tersedia pada piranti in membuat tatto design yang Anda buat dengan software Adobe Photoshop terlihat natural seperti halnya bila Anda menggambarnya di sebuah kertas dengan menggunakan pensil gambar. Namun, bila Anda tidak memilikinya, keluwesan dalam menggerakkan mouse komputer masih bisa diandalkan untuk menghasilkan tatto design yang menarik.

Tatto design memang membutuhkan ketelatenan dan ketekunan. Sebaiknya, hindari menggambar garis yang terlalu tebal berdekatan dengan garis tebal lainnya. Hal itu karena garis-garis yang dibuat terlampau berdekatan akan menghasilkan bentuk yang berantakan. Pada pembuatan tatto design ini sebaiknya tempatkan masing-masing elemen dalam layer yang berbeda. Hal ini untuk memudahkan bila ternyata salah satu elemen harus dihilangkan karena kurang mendukung tampilan akhir tatto design.

Sementara itu, bila dalam proses membuat tatto design dibutuhkan penggunaan Eraser Tool, sebaiknya pilihlah eraser bulat dengan tepian yang solid. Eraser Tool ini juga dapat digunakan untuk merapikan sudut-sudut tatto design sehingga menghasilkan sudut-sudut yang benar-benar halus dan rapi.

Tatto design, selain menggunakan Brush Tool juga bisa dibuat dengan menggunakan Pen Tool. Penggunaan Pen Tool relatif lebih mudah. Pilihlah Pen Tool di Toolbox dan buat titik-titik yang saling terhubung sehingga membentuk pola tertentu. Pola yang telah terbentuk masih bisa dibenahi dengan menggunakan Convert Point Tool yang tersedia di Toolbox. Setelah pola selesai terbentuk, barulah pilih Brush Tool di Toolbox dan gunakan spesifikasi brush berbentuk bulat dengan tepian yang solid.

Kemudian, pilihlah kembali Pen Tool pada Toolbox. Lantas klik tombol kanan mouse pada pola yang telah terbentuk di kanvas dan pilih opsi Stroke Path untuk mengubah path menjadi garis. Pada jendela Stroke Path yang muncul, pilihlah opsi Brush dan klik tombol OK sehingga path segera terisi guratan brush terpilih. Pada penggunaan Pen Tool ini, teknik pembuatan tatto design tak jauh berbeda dengan penggunaan Brush Tool. Letakkan masing-masing pola pada layer yang berbeda untuk memudahkan saat harus menghilangkan pola tertentu pada tatto design.

Penggunaan Pen Tool ini memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan Brush Tool, sebab path yang dihasilkan oleh Pen Tool masih bisa dibenahi sebelum diubah ke dalam guratan brush. Memilih untuk menggunakan Brush Tool ataupun Pen Tool ini tentunya bergantung pada kenyamanan penggunanya.

Tatto design baik dengan menggunakan Brush Tool atau Pen Tool pada Adobe Photoshop memang membutuhkan keahlian dalam menggambar. Agar terbantu, buatlah sketsa tatto design dikertas terlebih dahulu sebelum membuatkan dengan software Adobe Photoshop. Inspirasi membuat tatto design bisa Anda peroleh di sejumlah situs seperti Chopper-Tattoo.com atau TattooMeNow.com.

Tatto design yang telah selesai dibuat, selanjutnya bisa ditambahkan dengan teks. Dalam pemilihan jenis font untuk teks pada tatto design, hindari memilih jenis font “Times New Roman” dan “Arial”. Sebaiknya pilihlah kategori font Block atau kategori font Fine. Font dari kategori Block pada umumnya lebih tebal sehingga cocok untuk tatto design, sedangkan font dari kategori Fine mirip dengan kaligrafi.

Membuat Tatto Design Memanfaatkan Brush Adobe Photoshop

Tatto design juga dapat dihasilkan dengan memanfaatkan beragam koleksi brush bertema tatto. Alternatif ini bisa digunakan bila keterampilan menggambar cukup terbatas. Brush bertema tatto ini bisa diperoleh di beberapa situs antara lain www.photoshopfreebrushes.com, www.photoshopfreebrushes.com, naldzgraphics.net atau www.brusheezy.com.

Tatto design dengan menggunakan brush bertema tatto ini memang memiliki kelemahan. Kreasi tatto design yang dihasilkan tidak khas atau unik. Beberapa pola tatto bisa saja ditemukan dengan mudah alias pasaran. Untuk menyiasatinya, lakukan modifikasi pada brush berpola tatto yang digunakan dalam tatto design. Tambahan sentuhan personal sehingga tatto design yang dihasilkan memiliki kekhasan. Misalnya saja dengan menggabungkan brush berpola tatto, menambahkan teks yang unik atau dengan menambahkan pola yang dibuat sendiri.

Tips Agar Tatto Design Lebih Disukai

Tatto design termasuk salah satu seni design yang cukup menjanjikan dan memiliki harapan untuk semakin disukai. Untuk membuat tatto design, ada beberapa tips yang bisa digunakan.

1. Berukuran Kecil

Mulailah dengan membuat tatto design berukuran kecil. Di Indonesia, budaya bertato masih dipandang negatif dan dianggap berbau kriminalitas. Memasang tatto pada tubuh belum dipandang sebagai sebuah ekspresi seni sepenuhnya.

Oleh karena itu, banyak penyuka tatto yang belum berani secara terang-terangan memasang tatto berukuran besar pada tubuhnya. Mereka memilih untuk memasang tatto berukuran kecil sehingga masih dapat ditutupi dengan busana tertentu. Nah, oleh karena itu tatto design dengan ukuran yang kecil dan unik akan sangat diminati.

2. Memiliki Makna

Tatto yang lebih disukai adalah tatto yang tak hanya berfungsi untuk menghiasi tubuh, tetapi juga memiliki makna. Tatto yang memiliki makna akan menyuarakan pesan yang hendak disampaikan oleh penggunanya. Untuk itu, cari bentuk-bentuk yang mengandung makna-makna khusus sebagai elemen pembentuk tatto design.

3. Penggunaan Bentuk Geometris

Bentuk-bentuk geometris seperti persegi enam, persegi empat atau lingkaran cukup menarik untuk dipilih sebagai elemen penyusun tatto design. Namun, perlu dipertimbangkan kembali penggunaannya sebab tatto design yang mengandung bentuk-bentuk tersebut nantinya akan dipasang di tubuh manusia yang merupakan sebuah bentuk tiga dimensi. Besar kemungkinan, bentuk-bentuk tersebut akan mengalami perubahan mengikuti pertumbuhan kulit atau lengkungan tubuh.

4. Mengamati Sekeliling

Tatto design yang dihasilkan tentulah harus unik dan original. Tetapi bukan berarti pengamatan terhadap tatto yang digunakan orang lain tidak perlu dilakukan. Pengamatan terhadap pengguna tatto ini perlu dilakukan sebatas untuk memberikan ide segar. Dari situ dapat diperoleh gambaran tatto design yang disukai.

5. Detail

Tatto design berukuran besar dan tatto design dengan tingkat kerumitan yang tinggi umumnya memiliki harga yang lebih mahal daripada tatto design yang sederhana. Tetapi tatto design yang terlampu detail dan berukuran kecil akan menyulitkan saat ditorehkan ada tubuh. Sebab permukaan kulit tidak halus, memilki bulu-bulu halus, dan tonjolan-tonjolan kecil. Nah, tatto design yang terlampau detail dan kecil tentu tidak akan terlihat dan hilanglah makna dan keindahan sebuah tatto design.

Demikianlah beberapa teknik dan tips dalam pembuatan desain tato. Semoga semua itu dapat menambah pengetahuan Anda mengenai tatto design yang pada saat ini memang sedang digandrungi. Anda berminat untuk membuat desain tato?

Ditulis Oleh : Bayu Andika // 15.13
Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah berkunjung, silahkan poskan komentar anda di bawah ini :)